Mengenal Transportasi Darat, Laut dan Udara

1. Mobil Sewa
Untuk perjalanan panjang didalam mobil dan luar kota, dapat menyewa mobil atau penyewaaan mobil. Pilihan yang lain sebagai persetujuan untuk satu dari taksi atau pangkalan taksi yang mana biasanya terdapat disekitar area kesibukan masyarakat seperti area pasar atau tempat pemberhentian jalan raya, tapi banyak sopir yang beroperasi pada jam terbang malam tanpa surat ijin wajib secara resmi yang mana sangat beresiko. Untuk penyewaan mobil sekaligus supirnya banyak terdapat di Indonesia, itu biasanya memiliki tingkatan yang berbeda untuk supir dengan tujuan didalam kota dan supir untuk tujuan keluar kota. Biasanya untuk mobil sewaan, perusahaan jasa sewa rutin melakukan perawatan mobil agar mobil mereka tetap kompetitif.
2. Taksi
Taksi seperti ini biasanya banyak digunakan juga dikota lainnya dan semua dilengkapi dengan argo meter/ alat pengukur tarif. Biasanya, taksi-taksi memiliki AC, kecuali untuk taksi yang disewakan per jam.
3. Microlet/Oplet/Bemo
Ini adalah bus kecil, yang mana dapat mengangkut 10 penumpang dan melintasi jalur yang pasti. Kendaraan ini memiliki sebutan nama yang berbeda di lain kota, seperti angkutan di Jawa Tengah, Bemo di Bali. (Bemo di Jakarta adalah kendaraan yang lebih kecil mengangkut 7 penumpang).
4. Sepeda Motor
Walaupun sebagian besar memiliki kendaraan pribadi, orang asing dibeberapa tempat misalnya disekitar pantai yang ada di Bali atau Yogyakarta dapat melakukan sewa motor dan tempat yang sering dikunjungi orang asing terutama anak muda. Biasanya tarif setiap harinya dapat direncanakan dan itu dapat menjadi keuntungan besar dimana kamu dapat merencanakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh selama hari itu
5. Sepeda
Seperti sepeda motor, sepeda bertenaga manusia biasanya tersedia untuk disewa dibeberapa tempat, khususnya di Yogyakarta dimana sepeda menjadi alat angkut utama, dan juga di Bali. Kamu tidak membutuhkan surat izin untuk mengendarai sepeda.
6. Becak
Becak adalah jenis taksi sesungguhnya orang-orang miskin di Indonesia dan walaupun menjadi berangsur-angsur tidak kelihatan di Jakarta dan kota besar lainnya di Jawa. Itu adalah gambaran dari contoh beberapa transportasi yang popular, dimana penjabat tidak memiliki larangan yang berpengaruh terhadap mereka.
7. Ojek
Ojek sepeda atau sepeda motor sistem pengangkutan penumpangnya sama seperti taksi. Penumpang duduk dibelakang tempat pengemudi, disini mereka mendapatkan ongkos paling murah dan paling tepat dari transportasi kota. Biasanya ongkos disini jauh lebih rendah dibandingkan di Jakarta. Ojek merupakan solusi transportasi di tengah kemacetan, misalnya untuk acara penting Anda, seperti untuk mengikuti acara pernikahan, seminar desain, atau bahkan masuk kantor.
8. Delman
Delman tidak lagi diketemukan di Jakarta. Tetapi ditempat lain di Indonesia, terutama di kota kecil, mereka menjadikannya alat transportasi penting. Di beberapa tempat di Indonesia, ada yang menggunakan satu kuda, kendaraan roda dua dipanggil dokar, delman, satu tempat duduk penumpang disamping disebelah pengemudi dan tiga dibelakang.
Sekarang alat transportasi itu menjadi sepi dibeberapa area, walaupun di banyak kota, telah banyak yang memiliki dan lebih memilih untuk mengoperasikan becak karena lebih murah.
 Transportasi Udara
Aircraft dalam bahasa Inggris berarti pesawat terbang, pesawat udara, kapal terbang atau cukup kita sebut pesawat dalam kehidupan kita sehari-hari dalam bahasa Indonesia merupakan transportasi/kendaraan manusia yang mampu terbang di udara.
Sejarah singkat ditemukannya pesawat diawali oleh usaha Orville Wright dan Wilbur Wright atau sering sidebut Wright bersaudara. mereka membuat pesawat yang diberi nama Flyer pada tahun 1903 di Amerika. Sejak keberhasilan mereka, banyak orang yang berusaha untuk membuat pesawat yang lebih baik sehingga terbentuk pesawat seperti sekarang ini. Pesawat sekarang sungguh berbeda dengan pesawat pada masa Wright bersaudara. Dengan Teknologi yang canggih, pesawat sekarang memiliki banyak keunggulan.
Aircraft dapat terbagi dalam banyak jenis dan tipe. Berikut jenis-jenis aircraft secara umum yang terbagi atas 10 macam transportasi udara:
1. Airliner (Pesawat Komersial/Pesawat Penumpang)
boeing
2. Seaplane (Pesawat yang mendarat di air seperti di pantai, sungai, danau, atau laut)
pesawat2
3. Biplane ( Memiliki 2 pasang sayap)
pesawat3
4. Glider (Pesawat dengan sayap yang panjang)
pesawat4
5. Helicopter ( Menggunakan baling-baling)
pesawat5
6. Fighter Aircraft (Pesawat Tempur/Militer)
pesawat6
7. Aerobatic Aircraft (Pesawat untuk akrobatik udara)
pesawat7
8. Light Aircraft (pesawat dengan muatan kecil)
pesawat8
9. Airship
pesawat9
10. Hot Air Balloon (Balon Udara)
balon1
Transportasi Laut
Jenis-jenis Kapal Laut untuk Perdagangan
1. Kapal Container (Container Ships)
kapal container
Jenis kapal ini membawa sebagian besar barang hasil produksi di seluruh dunia, biasanya melalui layanan kapal yang sudah dijadwalkan (liner service).
Lihat di : World Shipping Council dan National Shipowners’ Associations
2. Kapal Curah (Bulk Carriers)
bulk carrier
Jenis kapal transportasi yang mengangkut bahan baku seperti bijih besi, batubara, nikel dll. Ciri-cirinya ada alat pengangkat (hatch) yang dinaikkan di atas dek yang dapat mencakup/mengangkat muatan lebih banyak.
Lihat di : Intercargo dan National Shipowners’ Associations
3. Tanker
tanker
Jenis kapal yang mengangkut minyak mentah, bahan kimia dan produk minyak bumi. Kapal Tanker kelihatannya hampir seperti Kapal Curah (Bulk Carrier), tapi di atas dek nya ada flush dan dilindungi oleh jaringan pipa-pipa minyak dan ventilasi.
Lihat di : Intertanko, Oil Companies International Marine Forum (OCIMF), International Parcel Tankers Association (IPTA), International Tanker Owners Pollution Federation (ITOPF), National Shipowners’ Associations
4. Kapal Feri dan Kapala Pesiar (Ferries dan Cruise Ships)
cruiser
ro-ro
Kapal Feri biasanya melakukan perjalanan pendek untuk penumpang, mobil dan angkutan umum. Sebagian besar menggunakan kapal Ro-Ro (roll on – roll off) feri, di mana kendaraan dapat masuk teratur dan terarah, sehingga menjadi cara yang cepat dan mudah diakses untuk bepergian.
Permintaan untuk kapal pesiar berkembang pesat selama tahun 1980, yang menyebabkan suatu generasi baru ‘hotel terapung’ yang besar dan mewah.
Lihat di : Cruise Lines International Association (CLIA) dan National Shipowners’ Associations
4. Kapal Tunda ( Tug Boat)
tug
Kapal ini dapat digunakan untuk menarik tongkang (barge), pengawalan (assist tug), penanganan jangkar, membawa pasokan untuk industri minyak lepas pantai, penyelamatan, pemutus jalur es dan kapal penelitian.
Lihat di : National Shipowners’ Associations
5. Kapal Tongkang (Barge)
Kapal Tongkang biasa digunakan untuk mengangkut barang curah seperti batubara, pasir, nikel, dll. Kapal ini tidak memiliki mesin pendorong, jadi hanya bisa di tarik oleh kapal tunda (tug boat). Ukuran atau kapasitas tongkang yaitu 180ft, 250ft, 270ft, 300ft, dsb.
Saat ini di Indonesia banyak Tongkang digunakan untuk mengangkut batubara di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Tongkang ini dapat di sewa seperti TB INDAH 1 dan BG SIP2701 ukuran 270ft.

0 Response to "Mengenal Transportasi Darat, Laut dan Udara"

Posting Komentar